-
Pembaruan Sistem Pelayanan pada UPT Perpustakaan UNEJ di Era Pandemi Covid-19
2 Juli 2021
Baca Artikel -
Fakta dan Mitos Seputar Kesehatan Selama Pandemi Antibiotik dan Pengobatan Rumahan Bisa Membunuh Virus Corona ?
20 Januari 2022
Baca Artikel -
Relawan Tim TDKB Covid-19 Lakukan Visitasi Rutin di RSGM Universitas Jember
8 Juni 2021
Baca Artikel -
Visitasi Gedung CDAST oleh Relawan Tim TDKB COVID-19 dalam Upaya Pemutusan Rantai Virus COVID-19
8 Juni 2021
Baca Artikel -
Relawan Tim TDKB COVID-19 Lakukan Visitasi di Gedung Biro Akademik Kemahasiswaan dan Alumni
8 Juni 2021
Baca Artikel -
Relawan Tim TDKB COVID-19 Batch 1 Tahun 2021 Lakukan Visitasi Rutin di Fakultas Hukum Universitas Jember
15 Juni 2021
Baca Artikel -
Cek Kelengkapan Protokol Kesehatan Agrotechno Park Universitas Jember, Relawan Tim TDKB COVID-19 UNEJ Lakukan Visitasi Rutin
29 Juni 2021
Baca Artikel
Tingkatkan Pelayanan Kesehatan di Masa Pandemi, Fasilitas Klinik Kesehatan Harus Beradaptasi
Beranda > Artikel > Tingkatkan Pelayanan Kesehatan di Masa Pandemi, Fasilitas Klinik Kesehatan Harus Beradaptasi

Pelayanan kesehatan merupakan salah satu kebutuhan penting bagi masyarakat yang tidak dapat ditunda. Dalam era pandemi, fasilitas pelayanan kesehatan menjadi garda terdepan dalam penanganan dan pencegahan penularan COVID-19. Fasilitas pelayanan kesehatan mulai dari tingkat primer sampai rujukan termasuk Klinik masih merupakan harapan masyarakat dalam menangani COVID-19 serta masalah kesehatan lainya. Dalam memasuki adaptasi kebiasaan baru, seluruh fasilitas pelayanan kesehatan harus mempersiapkan semua sumber daya yang dimiliki. Standar Operasional Prosedur (SOP) pelayanan kesehatan yang akan dilaksanakan harus disesuaikan dengan memperhatikan keselamatan tenaga kesehatan dan masyarakat penerima pelayanan agar terhindar dari penularan COVID-19.
Senada dengan hal tersebut, Klinik As-Sakinah Tegalsari Banyuwangi mencontohkan dan merespon dengan baik kebijakan mengenai Standar Operasional Prosedur (SOP) pelayanan kesehatan di masa pandemi. Saat diwawancarai oleh Kelompok 29 TTDKBC COVID-19 Universita Jember, Fifi Yantika, Amd. Keb selaku admin di klinik tersebut menuturkan, bahwa Klinik As-Sakinah telah melakukan penyesuaian dan menyiapkan segala fasilitas yang berkaitan dengan protokol kesehatan.
Klinik As-Sakinah menerapkan 5M yakni Menjauhi Kerumunan, Mencuci Tangan, Memakai Masker, Menjaga Jarak, dan Membatasi Mobilitas. Untuk mendukung protokol kesehatan tersebut, Klinik As-Sakinah juga menyiapkan fasilitas pendukung, seperti tempat mencuci tangan, handsanitizer, bilik batas transaksi dan simbol-simbol tentang pentingnya menerapkan protokol kesehatan. Penerapan protokol dan etika 5M berjalan dengan baik walaupun masih terdapat kendala pengunjung yang terkadang tidak mematuhi protokol kesehatan. Untuk menyiasati hal tersebut Klinik As-Sakinah memiliki cara dengan melakukan himbauan secara berkala terhadap para pengunjung klinik. Klinik As-Sakinah berharap dengan penyediaan fasilitas dimasa pandemi bisa meminimalisi potensi penyebaran COVID-19
Penulis,
Andika Prastika
Kelompok 29
Relawan TTDKBC Univesitas Batch 2
DPL : Eriska Eklezia Dwi Saputri, S.T., M.T.
Terbit tanggal
25 Desember 2021
Covid
Bagikan ke lainnya
Artikel Lainnya