SOSIALISASI BERBASIS MEDIA CETAK SEBAGAI UPAYA PENYEBARLUASAN BERITA MUTASI COVID 19 : OMICRON
Beranda > Artikel > SOSIALISASI BERBASIS MEDIA CETAK SEBAGAI UPAYA PENYEBARLUASAN BERITA MUTASI COVID 19 : OMICRON
bg-artikle

Pandemi Covid 19 masih menjadi pembahasan yang tidak pernah habis dikaji oleh masyarakat dan dewan pers sebagai pemangku demokrasi di negeri ini. Sejak konfrimasi kasus pertama pada 2 Maret 2020, Pemerintah tak henti hentinya mendapat kartu peringatan dan kritikan dalam banyak hal, terlebih dalam upaya penanganan dan penanggulangan pandemi ini. Khususnya dalam bidang kesehatan, seperti ratusan pekerja kesehatan meregang nyawa, fasilitas kesehatan kurang memadai, dan kurangnya tanggap cepat dari pemerintah untuk memerangi penyebaran virus SARS Cov-2 ini. Sampai dengan awal tahun 2022, pandemi covid tidak pernah luput dari sorotan.

Maka dari itu, tim Relawan TTDKBC Batch II Tahun 2021 bersinergi dari setiap fakultas hadir untuk menyuarakan pentingnya kesadaran dan penerapan protokol kesehatan demi meminimalisasi angka kejadian COVID 19. Hal ini termasuk Kelompok 21 yang berketuakan Giovanni Abdi Negoro dengan anggota Witri Indi, Dhea Alifia, Hanu Neda, dan Nadya Gifary yang siap turun dan terjun pada lingkugan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmpu Politik pada khususnya dan Universitas Jember pada umumnya untuk menjadi penggerak penerapan protokol kesehatan.

Salah satu beita hangat yang hadir dalam ruang publik ialah mulai masuknya virus mutan dengan jenis omicron. Virus ini merupakan virus mutasi Covid19 yang memiliki daya 4x lebih mudah menular daripada virus delta. Penularannya dianggap sangat cepat dan menempati peringkat pertama dalam transmisinya. Dengan ini, kami relawan kelompk 21 kloter 2 Batch II TTDKBC UNEJ, siap untuk mengedukasi para mahasiswa yang sedang ada pada lingkungan FISIP.

Edukasi dan sosialiasai kami awali dengan melakukan pembagian flyer pada area Taman Super Wifi, pada setiap bilik bilik gazebo yang tersedia di sana. Kami juga tidak lupa memberikan edukasi singkat mengenai Omicron. Kami mejelaskan dengan runtut :

  1. Pengertian Virus Covid 19 Jenis Omicron

  2. Kapan Omicron Teridentifikasi

  3. Siapa Kelompok yang Rawan Tertular

  4. Mengapa Omicron Berbahaya

  5. Bagaimana Cara Mencega Transmisi Omicron.

Sebagai relawan muda, kami harus memiliki pengetahuan dan kepekaan lingkungan yang melek dan utuh untuk memperjuangkan kemakmuran bangsa. Dengan mengadakan edukasi dan penyuluhan berbaris media cetak pada mahasiswa FISIP, kami berharap dapat membuka pengetahuan mahasiswa agar dapat melek dan waspada terhhadap virus Covid 19, karena pandemi belum usai dan waspada yang memang seharusnya belum abai. Salam sehat!

Terbit tanggal 17 Januari 2022
Covid
Bagikan ke lainnya

Artikel Lainnya
  • Judul Artikel
    Pembaruan Sistem Pelayanan pada UPT Perpustakaan UNEJ di Era Pandemi Covid-19

    2 Juli 2021

    Baca Artikel
  • Judul Artikel
    Kondisi Perekonomian Usaha Kesehatan di Tengah Pandemi

    25 Desember 2021

    Baca Artikel
  • Judul Artikel
    Fakta dan Mitos Seputar Kesehatan Selama Pandemi Antibiotik dan Pengobatan Rumahan Bisa Membunuh Virus Corona ?

    20 Januari 2022

    Baca Artikel
  • Judul Artikel
    Relawan Tim TDKB Covid-19 Lakukan Visitasi Rutin di RSGM Universitas Jember

    8 Juni 2021

    Baca Artikel
  • Judul Artikel
    Visitasi Gedung CDAST oleh Relawan Tim TDKB COVID-19 dalam Upaya Pemutusan Rantai Virus COVID-19

    8 Juni 2021

    Baca Artikel
  • Judul Artikel
    Relawan Tim TDKB COVID-19 Lakukan Visitasi di Gedung Biro Akademik Kemahasiswaan dan Alumni

    8 Juni 2021

    Baca Artikel
  • Judul Artikel
    Relawan Tim TDKB COVID-19 Batch 1 Tahun 2021 Lakukan Visitasi Rutin di Fakultas Hukum Universitas Jember

    15 Juni 2021

    Baca Artikel
  • Judul Artikel
    Cek Kelengkapan Protokol Kesehatan Agrotechno Park Universitas Jember, Relawan Tim TDKB COVID-19 UNEJ Lakukan Visitasi Rutin

    29 Juni 2021

    Baca Artikel