Relawan Tim TDKB Covid-19 Lakukan Visitasi Rutin di RSGM Universitas Jember
Beranda > Artikel > Relawan Tim TDKB Covid-19 Lakukan Visitasi Rutin di RSGM Universitas Jember
bg-artikle

Visitasi rutin dilakukan relawan Tim Tanggap Darurat Kesiapsiagapan Bencana COVID-19 Universitas Negeri Jember perwakilan kelompok F pada hari selasa, 25 mei 2021 yang bertempat di RSGM Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Jember. Perwakilan kelompok visitasi terdiri dari Devi Alifia Fakultas FEB, Amira Fakultas MIPA, Ferika Fakultas Keperawatan dan dosen pembimbing lapangan drg. Dyah Indartin, M.Kes. Visitasi meliputi kegiatan penilaian, memantau kondisi kelayakan dari tiap-tiap ruangan yang ada dalam RSGM dan observasi guna mengetahui program kerja apa yang dibutuhkan rumah sakit gigi dan mulut. Sebelum melakukan visitasi perwakilan kelompok menghubungi dosen pembimbing lapangan untuk membuat janji pendampingan visitasi dan mendapat surat visitasi. Setelah semua sudah, perwakilan kelompok mendatangi tempat sasaran dan melakukan visitasi.

Observasi dimulai dari pintu utama RSGM, pengecakan suhu dilakukan bagi pengunjung yang hendak melakukan tindakan pada RSGM seperti test swab antigen atau test kesehatan pada meja pengecekan kesehatan. Setelah memasuki pintu utama pengunjung akan melalui lorong, ruang registrasi, meja pengecekan kesehatan dan kursi tunggu. Untuk ruang registrasi dan meja pengecekan kesehatan sudah diberi sekat untuk mengurangi kontak dengan pasien, terdapat juga hand sanitizer yang terisi dan mudah untuk dijangkau.

Observasi dilanjutkan di lantai dua RSGM. Tangga menuju lantai dua sudah diberi stiker penanda arah sehingga bisa mengurangi kontak dengan pengunjung atau civitas. Pada lantai dua terdapat ruang praktek coass dengan banyak jendela, kipas angin, sekat pembatas antara unit dental chair dan kursi tunggu yang sudah diberi stiker penanda jarak. Kelayakan RSGM dirasa cukup memadai, dimana sudah tersedia hand sanitizer di berbagai titik, jendela yang lebar, stiker penanda jarak pada kursi, sekat pada ruang registrasi dan meja pengecakan kesehatan.

Setelah selesai melakukan observasi setiap anggota wajib mengisi google form yang sudah disediakan tim relawan dan log book harian guna memantau kegiatan apa saja yang sudah mahasiswa lakukan pada hari itu. Output yang diharapkan dari observasi ini berupa berita kegiatan, artikel kegiatan,video kegiatan dan juga rencana program kerja. Dalam hal ini besar harapan tim untuk selalu dapat memberikan inovasi-inovasi yang dibutuhkan dalam Rumah Sakit Gigi dan Mulut agar nantinya dapat terwujudkan kampus yang tangguh COVID-19 khususnya pada RSGM Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Jember.

Penulis: Cita kalaning redja

Kelompok: F

Relawan: TDKB

drg. Dyah Indartin, M.Kes

Terbit tanggal 8 Juni 2021
Covid
Rumah Sakit
Bagikan ke lainnya

Artikel Lainnya
  • Judul Artikel
    Pembaruan Sistem Pelayanan pada UPT Perpustakaan UNEJ di Era Pandemi Covid-19

    2 Juli 2021

    Baca Artikel
  • Judul Artikel
    Kondisi Perekonomian Usaha Kesehatan di Tengah Pandemi

    25 Desember 2021

    Baca Artikel
  • Judul Artikel
    Fakta dan Mitos Seputar Kesehatan Selama Pandemi Antibiotik dan Pengobatan Rumahan Bisa Membunuh Virus Corona ?

    20 Januari 2022

    Baca Artikel
  • Judul Artikel
    Relawan Tim TDKB Covid-19 Lakukan Visitasi Rutin di RSGM Universitas Jember

    8 Juni 2021

    Baca Artikel
  • Judul Artikel
    Visitasi Gedung CDAST oleh Relawan Tim TDKB COVID-19 dalam Upaya Pemutusan Rantai Virus COVID-19

    8 Juni 2021

    Baca Artikel
  • Judul Artikel
    Relawan Tim TDKB COVID-19 Lakukan Visitasi di Gedung Biro Akademik Kemahasiswaan dan Alumni

    8 Juni 2021

    Baca Artikel
  • Judul Artikel
    Relawan Tim TDKB COVID-19 Batch 1 Tahun 2021 Lakukan Visitasi Rutin di Fakultas Hukum Universitas Jember

    15 Juni 2021

    Baca Artikel
  • Judul Artikel
    Cek Kelengkapan Protokol Kesehatan Agrotechno Park Universitas Jember, Relawan Tim TDKB COVID-19 UNEJ Lakukan Visitasi Rutin

    29 Juni 2021

    Baca Artikel