Pembaruan Sistem Pelayanan pada UPT Perpustakaan UNEJ di Era Pandemi Covid-19
Beranda > Artikel > Pembaruan Sistem Pelayanan pada UPT Perpustakaan UNEJ di Era Pandemi Covid-19
bg-artikle

Jember, Juni 2021- UPT Perpustakaan merupakan salah satu sarana yang disediakan oleh pihak Universitas Jember untuk menunjang kebutuhan mahasiswa akan buku, literatur dll. Pelayanan yang dilakukan oleh UPT Perpustakaan dilakukan mulai hari senin - kamis pada pukul 08.00 - 14.00 WIB. Hal tersebut berlaku sebelum pandemi COVID-19 dan perkuliahan masih dilaksanakan secara luring (luar jaringan) atau offline. Pandemi COVID-19 yang menyebar pada seluruh penjuru dunia menyebabkan perubahan aktivitas salah satunya dalam bidang pendidikan menjadi terkendala. Aktivitas perkuliahan yang biasanya dilakukan secara luring kini berubah menjadi daring (dalam jaringan). Kebijakan tersebut tentunya berasal dari Pemerintah pusat yang harus dipatuhi oleh semua elemen yang bersangkutan tak terkecuali Universitas Jember.

Kebijakan perkuliahan secara daring yang dilakukan oleh pihak Universitas Jember juga berdampak pada pelayanan sarana dan prasarana yang ada termasuk di UPT Perpustakaan. Salah satu teknisi yang bekerja di UPT Perpustakaan yaitu Bapak Achmad Taufik H. menjelaskan bahwa selama masa pandemi COVID-19 menetapkan beberapa kebijakan baru seperti layanan peminjam buku yang dilakukan secara online dengan sistem take away . Sistem tersebut dilakukan secara online dengan mahasiswa mendaftar terlebih dahulu pada web yang telah dibuat. Kemudian mahasiswa yang meminjam dapat mengambil buku secara langsung di ruang khusus pengambilan buku. Dengan sistem tersebut, mahasiswa belum diperkenankan untuk tetap tinggal di perpustakaan setelah pengambilan buku.

Peminjaman juga dibatasi hanya 50 mahasiswa yang dapat meminjam perharinya dan dilakukan pada hari senin - jumat pada pukul 07.00-10.55 WIB. Namun, selama berlangsungnya sistem tersebut mahasiswa yang meminjam buku masih berkisar pada 10 buku yang terpinjam perharinya. Jumlah peminjaman buku mengalami penurunan dikarenakan kondisi mahasiswa yang berada diluar daerah Jember atau berada pada wilayahnya masing-masing.

Sistem pengembalian buku juga dilakukan secara langsung namun sebagai keringanan tidak ada pemberlakuan sanksi denda bagi keterlambatan pengembalian. Prosedur yang dilakukan yaitu dengan mahasiswa datang langsung ke UPT Perpustakaan untuk mengembalikan buku di ruang pengembalian buku yang telah disediakan.

Kondisi tempat untuk pengembalian buku sudah dilengkapi dengan penutup kaca guna membatasi dan memberi jarak sehingga mengurangi kontak langsung antara pegawai perpustakaan dengan mahasiswa. Buku yang telah dikembalikan kemudian ditempatkan pada ruang khusus untuk proses sterilisasi. Ruangan tersebut memiliki cahaya matahari yang memadai. Sterilisasi buku-buku tersebut akan dilakukan dengan cara penyemprotan disinfektan pada buku. Kemudian buku tersebut akan diisolasi selama 3 hari dengan meletakkannya dibawah paparan sinar matahari sebagai pengganti penyinaran UV .

Selain perubahan pada sistem pelayanan peminjaman buku terdapat beberapa perubahan pada sistem kerja staff yang bekerja pada UPT Perpustakaan. Perubahan tersebut seperti jam kerja yang lebih singkat dimana pada pukul 14.00 seluruh staf sudah diperkenankan untuk pulang. UPT Perpustakaan sendiri tidak menerapkan shift kerja. Hal tersebut dikarenakan staff yang bekerja tidak banyak dan ruang kerja sudah disesuaikan dengan protokol kesehatan seperti diberi jarak minimal 1 m agar aman dari penularan COVID-19. Selain itu, terdapat pengontrolan terhadap kondisi kesehatan para staff dimana jika terdapat salah satu staff yang sakit maka akan dilakukan tindak lanjut oleh pihak atasan UPT Perpustakaan dengan memberikan ijin untuk work from home (WFH) pada staff tersebut.

Penulis:

Wahyu Andin

Kelompok T

Relawan Tim TDKB

DPL: Dr. apt. Dian Agung Pangaribowo, M.Farm.

Terbit tanggal 2 Juli 2021
Covid
Bagikan ke lainnya

Artikel Lainnya
  • Judul Artikel
    Pembaruan Sistem Pelayanan pada UPT Perpustakaan UNEJ di Era Pandemi Covid-19

    2 Juli 2021

    Baca Artikel
  • Judul Artikel
    Kondisi Perekonomian Usaha Kesehatan di Tengah Pandemi

    25 Desember 2021

    Baca Artikel
  • Judul Artikel
    Fakta dan Mitos Seputar Kesehatan Selama Pandemi Antibiotik dan Pengobatan Rumahan Bisa Membunuh Virus Corona ?

    20 Januari 2022

    Baca Artikel
  • Judul Artikel
    Relawan Tim TDKB Covid-19 Lakukan Visitasi Rutin di RSGM Universitas Jember

    8 Juni 2021

    Baca Artikel
  • Judul Artikel
    Visitasi Gedung CDAST oleh Relawan Tim TDKB COVID-19 dalam Upaya Pemutusan Rantai Virus COVID-19

    8 Juni 2021

    Baca Artikel
  • Judul Artikel
    Relawan Tim TDKB COVID-19 Lakukan Visitasi di Gedung Biro Akademik Kemahasiswaan dan Alumni

    8 Juni 2021

    Baca Artikel
  • Judul Artikel
    Relawan Tim TDKB COVID-19 Batch 1 Tahun 2021 Lakukan Visitasi Rutin di Fakultas Hukum Universitas Jember

    15 Juni 2021

    Baca Artikel
  • Judul Artikel
    Cek Kelengkapan Protokol Kesehatan Agrotechno Park Universitas Jember, Relawan Tim TDKB COVID-19 UNEJ Lakukan Visitasi Rutin

    29 Juni 2021

    Baca Artikel