Pelayanan Posyandu Balita di Masa Pandemi COVID-19
Beranda > Artikel > Pelayanan Posyandu Balita di Masa Pandemi COVID-19
bg-artikle

Masa pandemi COVID-19 (Corona Virus Diseases 2019) yang telah dirasakan oleh masyarakat Indonesia sejak tahun 2020 menuntut adanya pembatasan sosial yang sebelumnya belum pernah terjadi dalam kehidupan masyarakat. Adanya pandemi tersebut telah membawa banyak perubahan, khususnya pada aktivitas mayarakat yang sedikit terbatasi dibandingkan sebelumnya. Kondisi tersebut tentu berdampak pada kebiasaan masyarakat, salah satunya yaitu pada pelayanan Posyandu (Pos pelayanan terpadu). Keaktifan Posyandu dalam memberikan pelayanan terhadap kesehatan masyarakat, khususnya balita, memiliki peran penting untuk mencegah peningkatan angka kematian bayi ditengah pandemi COVID-19.

Pelayanan Posyandu pada masa pandemi COVID-19 di Indonesia memiliki perbedaan yang cukup signifikan dibandingkan sebelum terjadinya pandemi. Hal ini terjadi pada pelaksanaan Posyandu yang ada di Desa Jatiroto, Kabupaten Lumajang. Penerapan prokes (protokol kesehatan) menjadi sorotan penting yang perlu didisiplinkan selama kegiatan Posyandu berlangsung. Anjuran tersebut tidak serta merta langsung ditaati oleh masyarakat, namun justru menjadi suatu kendala dalam pelaksanaan Posyandu.

Memang untuk mendisiplinkan prokes kepada masyarakat terutama masyarakat di desa karena kan satu, SDM (re:Sumber Daya Manusia) nya kurang mumpuni, kemudian masih menganggap bahwa COVID-19 itu hanya hoax saja, nah itu kami masih kesulitan untuk mendisiplinkan terutama penggunaan masker , tutur Ummul Rizki Istiqomah, S.Keb.,Bd, selaku bidan di Ponkesdes (Pondok kesehatan desa) Jatiroto, Lumajang. Solusi yang telah diupayakan yaitu dengan menyediakan masker kain pada beberapa pelaksanaan Posyandu yang ada di Desa Jatiroto dengan harapan ketika pelaksanaan Posyandu dapat disiplin terhadap prokes, meskipun outputnya belum terlihat secara optimal. Agak sulit, merubah perilaku itu kan susah ya , imbuhnya.

Mengacu pada Kementerian Kesehatan (2020) yang tertuang pada buku panduan pelayanan kesehatan balita pada masa pandemi COVID-19, bahwa pelaksanaan Posyandu perlu mematuhi persyaratan ketat pada wilayah yang tidak terdapat kasus COVID-19 atau belum menerapkan PSBB. Persyaratan ketat tersebut dapat meliputi pembatasan jumlah masyarakat pada pelayanan balita di Posyandu, dengan cara pemberian informasi distribusi jadwal pelayanan posyandu pada masyarakat sasaran sebelum hari pelaksanaan.

Biasanya dijadwal gitu ya, biasanya kan kalau orang-orang didatangkan jam 9 itu tiba-tiba datang semua, tapi kalau untuk yang sekarang untuk menghindari kerumunan biasanya dijadwal, untuk ibu, sekelompok rumah ini undangannya jam sekian, sekelompok rumah lagi undangannya jam sekian , jelas Ummul. Sedangkan pada wilayah yang terdapat kasus COVID-19 dan kebijakan PSBB, maka kegiatan pelayanan Posyandu dapat ditunda. Pelayanan kesehatan (termasuk Posyandu) dapat dilakukan melalui janji temu di fasilitas kesehatan, kunjungan rumah maupun puskesmas keliling.

Prosedur yang tepat tentu berperan penting dalam menjalankan pelayanan Posyandu, baik untuk tenaga kesehatan, ibu, maupun seluruh masyarakat yang sedang menjalankan aktivitasnya di luar rumah, agar dapat mencegah diri dari paparan virus corona. Ummul membagikan pesan kepada seluruh masyarakat serta mengajak untuk turut serta dalam mendisiplinkan diri terhadap prokes, terutama penggunaan masker dan mencuci tangan menggunakan sabun (minimal handsanitizer). Penerapan prokes yang semula 3M menjadi 5M (memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan serta membatasi mobilitas dan interaksi) diharapkan mampu membantu masyarakat dalam menjalankan aktivitasnya selama pandemi COVID-19 secara aman tanpa membahayakan kondisi kesehatan orang lain.

Penulis:

Relawan TDKBC

Siti Aisyah

Kelompok W

DPL: dr. Angga Mardro Raharjo Sp.P

Terbit tanggal 29 Juni 2021
Covid
Bagikan ke lainnya

Artikel Lainnya
  • Judul Artikel
    Pembaruan Sistem Pelayanan pada UPT Perpustakaan UNEJ di Era Pandemi Covid-19

    2 Juli 2021

    Baca Artikel
  • Judul Artikel
    Kondisi Perekonomian Usaha Kesehatan di Tengah Pandemi

    25 Desember 2021

    Baca Artikel
  • Judul Artikel
    Fakta dan Mitos Seputar Kesehatan Selama Pandemi Antibiotik dan Pengobatan Rumahan Bisa Membunuh Virus Corona ?

    20 Januari 2022

    Baca Artikel
  • Judul Artikel
    Relawan Tim TDKB Covid-19 Lakukan Visitasi Rutin di RSGM Universitas Jember

    8 Juni 2021

    Baca Artikel
  • Judul Artikel
    Visitasi Gedung CDAST oleh Relawan Tim TDKB COVID-19 dalam Upaya Pemutusan Rantai Virus COVID-19

    8 Juni 2021

    Baca Artikel
  • Judul Artikel
    Relawan Tim TDKB COVID-19 Lakukan Visitasi di Gedung Biro Akademik Kemahasiswaan dan Alumni

    8 Juni 2021

    Baca Artikel
  • Judul Artikel
    Relawan Tim TDKB COVID-19 Batch 1 Tahun 2021 Lakukan Visitasi Rutin di Fakultas Hukum Universitas Jember

    15 Juni 2021

    Baca Artikel
  • Judul Artikel
    Cek Kelengkapan Protokol Kesehatan Agrotechno Park Universitas Jember, Relawan Tim TDKB COVID-19 UNEJ Lakukan Visitasi Rutin

    29 Juni 2021

    Baca Artikel