Efektivitas Pembelajaran Kuliah bagi Mahasiswa di Masa Pandemi
Beranda > Artikel > Efektivitas Pembelajaran Kuliah bagi Mahasiswa di Masa Pandemi
bg-artikle

Di era new normal ini, kegiatan belajar mengajar akan kembali normal. Dengan berbagai regulasi, mahasiswa sebagai peserta didik dan dosen sebagai pendidik harus mematuhi anjuran pemerintah dan kesepakatan kesehatan institusi demi tercapainya keselamatan dan kesehatan bersama. Selama masa studi, setidaknya tidak akan senormal sebelumnya, karena tidak akan ada kerja kelompok selama periode normal baru, hanya tugas individu untuk menghindari kontaminasi Covid-19.

Menurut drg. Happy Harmono, M.Kes. yang juga merupakan mantan Wakil Dekan Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Jember dalam wawancara pada hari Sabtu (01/01/2022), seberapa efektifnya kuliah daring atau kuliah luring bagi mahasiswa di masa pandemi. Kegiatan perkuliahan di UNEJ terdapat perkuliahan, praktikum, tutorial, secara prinsip khusus untuk perkuliahan, lebih suka daring untuk perkuliahan karena perkuliahan dengan daring itu kita bisa mengikuti suasana yang enjoy, santai dan tidak terikat waktu serta ruang. Artinya mahasiswa mengikuti perkuliahan dengan tidak harus terburu-buru berangkat ke kampus, kadang juga telat dan akhirnya akan mengganggu suasana perkuliahan di kelas tidak nyaman. Jika kuliah secara luring mahasiswa akan terlalu dikekang seperti suasana di kelas seperti harus duduk dan berbagai macam aturan, tapi kalau missal kuliah daring lebih efektif dan dari mana saja dengan suasana disenangi dengan tidur-tiduran. Drg Happy sendiri akan mempertahankan khususnya untuk matkul beliau dan tetap akan dilakukan secara daring.

Rencana pembelajaran tatap muka yang semula dijadwalkan dua semester tahun ajaran 2021/2022, karena banyak hal yang berubah selama wabah, pasti akan disambut baik. Hal-hal yang perlu dipecahkan dan diperbaiki dapat dilaksanakan setidaknya selama pembelajaran tatap muka. Bahkan ketika kampus memulai dan pembelajaran tatap muka, kesehatan mahasiswa, pendidik, dan tenaga pendidik harus diperhatikan. Hal ini penting agar virus corona yang mengancam banyak nyawa tidak menyebar lagi. Saya berharap ke depan dunia pendidikan kembali normal dan proses belajar mengajar dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya.

Hidup adalah permainan motivasi diri dan membutuhkan mentalitas mahasiswa. Mereka yang tidak bisa menggunakan teknologi akan menjadi korban informasi. Untuk dapat menggunakannya, mahasiswa harus mau mencoba banyak hal positif dari teknologi yang tersedia. Saya berharap, apapun sistem pembelajaran yang digunakan, tujuan yang telah ditetapkan di dalamnya dapat tercapai.

Narasumber : drg. Happy Harmono, M.Kes.

Penulis : Rachmattulloh Febrio Syach Putra (191910101034)

Kelompok : 34

Dosen Pembimbing Lapangan : dr. Angga Mardro Raharjo, Sp.P

Terbit tanggal 20 Januari 2022
Covid
Bagikan ke lainnya

Artikel Lainnya
  • Judul Artikel
    Pembaruan Sistem Pelayanan pada UPT Perpustakaan UNEJ di Era Pandemi Covid-19

    2 Juli 2021

    Baca Artikel
  • Judul Artikel
    Kondisi Perekonomian Usaha Kesehatan di Tengah Pandemi

    25 Desember 2021

    Baca Artikel
  • Judul Artikel
    Fakta dan Mitos Seputar Kesehatan Selama Pandemi Antibiotik dan Pengobatan Rumahan Bisa Membunuh Virus Corona ?

    20 Januari 2022

    Baca Artikel
  • Judul Artikel
    Relawan Tim TDKB Covid-19 Lakukan Visitasi Rutin di RSGM Universitas Jember

    8 Juni 2021

    Baca Artikel
  • Judul Artikel
    Visitasi Gedung CDAST oleh Relawan Tim TDKB COVID-19 dalam Upaya Pemutusan Rantai Virus COVID-19

    8 Juni 2021

    Baca Artikel
  • Judul Artikel
    Relawan Tim TDKB COVID-19 Lakukan Visitasi di Gedung Biro Akademik Kemahasiswaan dan Alumni

    8 Juni 2021

    Baca Artikel
  • Judul Artikel
    Relawan Tim TDKB COVID-19 Batch 1 Tahun 2021 Lakukan Visitasi Rutin di Fakultas Hukum Universitas Jember

    15 Juni 2021

    Baca Artikel
  • Judul Artikel
    Cek Kelengkapan Protokol Kesehatan Agrotechno Park Universitas Jember, Relawan Tim TDKB COVID-19 UNEJ Lakukan Visitasi Rutin

    29 Juni 2021

    Baca Artikel