Bagaimana Ventilasi Rumah Sakit yang Baik Bagi Pasien Covid-19?
Beranda > Artikel > Bagaimana Ventilasi Rumah Sakit yang Baik Bagi Pasien Covid-19?
bg-artikle

Jember, 05 Januari 2022 -Ventilasi merupakan suatu proses pertukaran udara dengan cara mengatur aliran udara segar ke dalam suatu ruangan lalu mengeluarkan udara lembab yang sebelumnya berada di ruangan tersebut. Hal ini dilakukan untuk menjaga kualitas udara di dalam ruangan agar tetap diperolehnya kondisi yang nyaman dan sejuk. Maka dari itu diharapkan bangunan seharusnya mampu menyediakan beberapa ventilasi yang cukup memadai pada bangunan dengan begitu bangunan akan memberikan rasa kenyamanan. Begitu pula rumah sakit yang selama ini digunakan untuk hunian bagi pasien covid-19 juga harus didesain dengan ventilasi yang cukup agar pasien merasa nyaman, sehingga proses penyembuhannya semakin cepat.

Pada ruangan pasien Covid-19 diperlukan penataan ruangan yang tidak menghalangi ventilasi yang ada di rumah sakit agar sirkulasi udara yang masuk tidak terhalang. Seperti yang disampaikan oleh Ir. Syamsul Arifin, S.T., M.T. menyatakan bahwa Jika dilihat dari ventilasi ini tergantung dari kondisi di setiap rumah sakit, kalau dikaitkan dengan prinsip pada sirkulasi khususnya pada penataan jendela, meja dan yang lainnya ini diperhatikn agar udara tidak terhalang oleh benda sehingga udara tidak akan berhenti di dalam ruangan tersebut . Penataan furniture dan ventilasi diharuskan bisa membuat udara cepat berganti agar virus tidak berhenti pada ruangan tersebut di rumah sakit. Penataan furniture yang dimaskud adalah seperti tidak menaruh kursi di depan pintu yang dapat menghalangi jalur udara untuk berganti. Kemudian tempat tidur dari pasien ditempatkan di dekat jendela agar lebih mudah dalam mendapatkan sirkulasi udara yang akan masuk.

Terkait cara untuk memastikan bahwa udara di dalam suatu ruangan sudah tersirkulasi dengan baik, perlu dipertimbangkan ukuran ruangan. Lebih lanjut, jika memungkinkan, kapan pun berada di ruang publik atau di gedung, pastikan ventilasi alami dengan membuka jendela. Namun demikian, jika tidak menghindari gedung tertutup, maka perlu menggunakan filter seperti masker yang diganti secara berkala (sesuai kebutuhan). Jangan lupa untuk selalu menerapkan 5M protokol kesehatan (memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan dan mengurangi mobilitas) dimanapun dan kapanpun Anda berada, serta segera melakukan vaksinasi COVID-19 untuk melindungi diri Anda dan orang di sekeliling agar Indonesia segera mencapai herd immunity.

Nama : Patria Yoga Pratama Hadi

Kelompok : 3

DPL : Ahmad Zainuddin, SP., M.Si.

Relawan Tim TDKB COVID-19 UNEJ Batch 2

Terbit tanggal 13 Januari 2022
Covid
Rumah Sakit
Bagikan ke lainnya

Artikel Lainnya
  • Judul Artikel
    Pembaruan Sistem Pelayanan pada UPT Perpustakaan UNEJ di Era Pandemi Covid-19

    2 Juli 2021

    Baca Artikel
  • Judul Artikel
    Kondisi Perekonomian Usaha Kesehatan di Tengah Pandemi

    25 Desember 2021

    Baca Artikel
  • Judul Artikel
    Fakta dan Mitos Seputar Kesehatan Selama Pandemi Antibiotik dan Pengobatan Rumahan Bisa Membunuh Virus Corona ?

    20 Januari 2022

    Baca Artikel
  • Judul Artikel
    Relawan Tim TDKB Covid-19 Lakukan Visitasi Rutin di RSGM Universitas Jember

    8 Juni 2021

    Baca Artikel
  • Judul Artikel
    Visitasi Gedung CDAST oleh Relawan Tim TDKB COVID-19 dalam Upaya Pemutusan Rantai Virus COVID-19

    8 Juni 2021

    Baca Artikel
  • Judul Artikel
    Relawan Tim TDKB COVID-19 Lakukan Visitasi di Gedung Biro Akademik Kemahasiswaan dan Alumni

    8 Juni 2021

    Baca Artikel
  • Judul Artikel
    Relawan Tim TDKB COVID-19 Batch 1 Tahun 2021 Lakukan Visitasi Rutin di Fakultas Hukum Universitas Jember

    15 Juni 2021

    Baca Artikel
  • Judul Artikel
    Cek Kelengkapan Protokol Kesehatan Agrotechno Park Universitas Jember, Relawan Tim TDKB COVID-19 UNEJ Lakukan Visitasi Rutin

    29 Juni 2021

    Baca Artikel